3D Modeling Teenage Mutant Ninja Turtle Chibi Version with BLENDER 3D & GIMP.

LATAR BELAKANG & KONSEP 3D

Ide membuat 3D modeling TMNT versi chibi berasal dari 3D Modeling Challenge yang diadakan komunitas IAG Modeling Challenge dengan tema Animasi Era 80-an. Saat itu juga yang saya ingat adalah serial animasi Kura-Kura Ninja yang pernah tayang di TVRI. Saat itu saya masih duduk di bangku SD dan mengoleksi beberapa pernik TMNT mulai dari poster hingga mainan.

Kini lebih dari 20 tahun kemudian saya berkesempatan untuk membuat versi  3D dari TMNT. Namun saya saat ini melihat dari sudut pandang Master Splinter dibanding dari karakter para kura-kura ninja. Mungkin karena saya saat ini sudah menjadi ayah dari 2 orang anak, maka lebih dekat pada sosok Splinter.

Maka konsep yang ingin saya buat adalah suasana kedekatan Splinter bersama para balita kura-kura. Tantangannya adalah memunculkan suasana emosional sebuah kehangatan keluarga. Saya kemudian browsing untuk mencari referensi yang menggambarkan splinter dan para balita kura-kura ninja. Dan akhirnya mendapat sketsa di: Comic Art Community yang kemudian saya kembangkan dan modifikasi layoutnya. Dan hasilnya adalah berikut ini:

 

Membuat sketsa konsep ini cukup penting bagi saya karena:

  1. Target hasil akhir sudah jelas, berapa karakter yang harus dibuat beserta aset-asetnya.
  2. Prioritas detil dapat terencana dengan baik sehingga saya bisa fokus pada bagian mana yang harus dikerjakan secara khusus.
  3. Suasana dan emosi yang ingin dicapai dapat saya bayangkan.
  4. Jadwal penyelesaian dapat terukur dengan baik.

Sketsa ini saya selesaikan dengan menggunakan Free Open Source Software (FOSS) MyPaint yang terbagi dari 3 tahap yaitu 1) sketsa kasar; 2) detil sketsa; dan 3) coloring.

3D MODELING BALITA KURA-KURA NINJA

Obyek 3d pertama yang saya buat adalah para balita kura-kura ninja karena mereka jumlahnya banyak dan bentuk dasarnya sama. Tahapan yang saya lakukan adalah:

1. MEMBUAT BLUE PRINT KARAKTER

Karena blue print karakter tampak depan dan samping dari para kura-kura ninja versi balita tidak ada, maka saya membuat sendiri blue print mereka. Hasilnya adalah berikut ini:

 

2. MEMBUAT LOW POLY 3D MESH

Selanjutnya dari blue print saya buat versi 3d nya dengan menggunakan free open source software BLENDER. Pada tahap ini saya menghindari detil yang tinggi. Misalnya untuk detil tempurung belakang dan depan akan saya buat dengan teknik sculpting. Begitu pula untuk detil kulit mereka. Hasilnya adalah seperti ini:

3. MEMBUAT DETIL DENGAN TEKNIK SCULPTING

Pada tahap ini saya menggunakan modifier multi resolution untuk memulai tahap sculpting pada bagian kulit dan tempurung. Tujuannya adalah agar jumlah vertexnya tidak banyak dan memudahkan saat UV unwrap. Hasilnya adalah sebagai berikut:

4. MEMBUAT TEXTURE

Hasil sculpting akan menjadi normal map dan saya bake pula untuk membuat AO. Hal ini cukup efektif dibandingkan dengan direct painting apabila spek komputer kita cukup rendah. Hasilnya adalah berikut ini:

5. MEMBUAT TULANG ATAU BASIC RIG

Selanjutnya saya buat basic rig untuk memudahkan pose karakter kura-kura ninja balita ini. Hasilnya adalah sebagai berikut:

6. MEMBUAT ANEKA EKSPRESI WAJAH

Berikutnya adalah membuat ekspresi wajah sesuai kebutuhan referensi yang sudah kita buat di awal. Mulai dari sedih, gembira, marah, dan curiga. Saya membuatnya dengan menggunakan Shape Keys di Blender. Hasilnya adalah sebagai berikut:

7. MENCOBA POSE

Akhirnya saya mencoba pose kura-kura ninja versi balita ini dengan menggunakan rendering CYCLES pada Blender. Dan begini hasilnya:

BERSAMBUNG…

Pada artikel ini saya masih membahas karakter para bayi kura-kura ^_^ selanjutnya adalah membuat master SPLINTER yang berwujud mutant tikus. Jangan lupa SUBSCRIBE di bagaian bawah ini agar tidak tertinggal informasi penting di dunia kreatif ^_^

 

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com