Alternatif Game Werewolf Yang Wajib Dicoba terutama yang hobi game bluffing dan deduction.

Kepopuleran game werewolf memang cukup fenomenal. Di Indonesia sendiri game ini menjadi semakin dikenal kalangan muda karena dimainkan Raditya Dika di channel youtubenya. Viewsnya sudah lebih dari 800.000 x ditonton, belum lagi beberapa youtuber lokal lainnya membuat konten serupa.

Jika kamu mulai bosan dan mencari alternatif board game sejenis werewolf untuk dimainkan tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa board game berikut ini:

1.Secret Hilter

Game dengan tema perang dunia ke-2 ini, pemain akan terbagi secara rahasia ke dalam 2 kubu yaitu Liberal atau menjadi Fasis. Kelompok Fasis harus berjuang agar Hitler bisa menjadi pemimpin dan Fasis harus menggagalkan upaya kubu Fasis.

Di awal permainan, pemain menutup mata mereka, dan fasis mengungkapkan diri mereka satu sama lain. Hitler terus menutup matanya, tetapi mengacungkan jempolnya sehingga fasis dapat melihat siapa dirinya. Kaum fasis mengetahui siapa Hitler, tetapi Hitler tidak tahu siapa rekan-rekan fasisnya, dan kaum liberal tidak tahu siapa rekannya.

alternatif game werewolf indonesia secret hitler

Setiap putaran, pemain memilih seorang Presiden dan seorang Kanselir yang akan bekerja sama untuk membuat undang-undang dari dek acak. Jika pemerintah mengesahkan undang-undang fasis, pemain harus mencoba mencari tahu apakah mereka dikhianati atau tidak beruntung.

Kaum fasis akan menggunakan kekuatan-kekuatan itu untuk menciptakan kekacauan kecuali kaum liberal dapat menarik negara itu kembali dari ambang perang. Tujuan dari tim liberal adalah untuk melewati lima kebijakan liberal atau membunuh Hitler. Tujuan dari tim fasis adalah untuk melewati enam kebijakan fasis atau memilih kanselir Rahasia Hitler setelah tiga kebijakan fasis telah berlalu.

 

2. Two Rooms and a Boom

Di Two Rooms and a Boom akan ada dua tim: Tim Merah dan Tim Biru. Tim Biru memiliki seorang Presiden. Tim Merah memiliki Bomber. Penentuan peran ini dilakukan secara acak atau random sehingga setiap hanya mengetahui perannya dan tidak mengetahui peran dan kubu orang lain.

alternatif game werewolf raditya dika indonesia two rooms and a boom

Pemain didistribusikan secara merata di antara dua kamar (yaitu, area permainan terpisah). Setiap pemain harus mencari tahu kubu dan peran setiap orang di kamar / ruang tersebut.  Permainan ini terdiri dari lima putaran waktunya. Di akhir setiap ronde, beberapa pemain akan bertukar tempat di ruang lain. 

Jika Pembom Tim Merah ada di ruangan yang sama dengan Presiden pada akhir pertandingan, maka Tim Merah menang; jika tidak, Tim Biru menang.

3. Coup: Rebellion G54

Pada game ketiga ini tidak kalah seru dengan game werewolf, yaitu Coup: Rebellion G54. Waktu setupnya singkat dan mudah dijelaskan ke pemain awam atau penggemar game werewolf.

altenatif game werewolf cardgame boardgame rebellion coup indonesia

Dalam Coup: Rebellion G54 (G54), pemain yang mampu bertahan di akhir permainan adalah pemenangnya. Setiap pemain akan memilik 2 kartu karakter yang memiliki aksi dan keahlian tertentu untuk digunakan “menyerang” dan “bertahan” selama putaran permainan.

Setiap pemain memulai permainan dengan dua koin. Pada giliran Anda, terlepas dari karakter mana yang sebenarnya ada di depan Anda, atau Anda dapat mengambil satu dari dua tindakan umum:   

  • Penghasilan: Ambil satu koin dari perbendaharaan.     
  • Kudeta: Bayar tujuh koin dan meluncurkan kudeta melawan lawan, memaksa pemain itu kehilangan pengaruh. (Jika Anda memiliki sepuluh koin atau lebih, Anda harus mengambil tindakan ini.)

Ketika Anda mengambil salah satu tindakan karakter – apakah aktif pada giliran Anda, atau membela diri dalam menanggapi tindakan orang lain – tindakan karakter itu secara otomatis berhasil, kecuali lawan menantang Anda. Dalam hal ini, jika Anda tidak bisa (atau tidak) mengungkapkan karakter yang sesuai, Anda kehilangan pengaruh, mengubah salah satu karakter Anda dengan wajah terbuka. Karakter face-up tidak dapat digunakan, dan jika kedua karakter Anda berhadapan, Anda keluar dari permainan.

 

Kesimpulan

Alternatif Game Werewolf Yang Wajib Dicoba ada cukup banyak, selain Secret Hitler, Two Rooms and a Boom, dan Coup Rebellion. Pada artikel berikutnya saya akan tambahkan lagi beberapa board game yang cukup seru lainnya.

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com