Animasi 3D dalam Game BIAF 2015 diadakan pada hari Jumat, 9 Oktober 2015 di Simply Valore Hotel, Cimahi.

Tujuan dari seminar ini adalah untuk menjelaskan perbedaan antara animasi 3d dalam film dengan game. Para animator harus memperhatikan beberapa aspek penting saat membuat animasi 3d diantaranya adalah detil pergerakan animasi dalam game lebih tinggi karena pergerakan camera dalam game bisa 360 derajat.

Tino sedang menjelaskan teknis animasi 3D dalam game ORBIZ

Selain itu animasi dalam video game lebih fokus pada animation cycle atau siklus animasi, seperti berjalan, berlari, melompat, jongkok, idle (diam), menyerang, dan masih banyak lagi. Hal ini berbeda dengan animasi film yang lebih fokus pada bahasa tubuh, aksi-aksi bebas, hingga ekspresi wajah dari para karakternya.

Slide presentasi animasi 3d dalam game BIAF 2015 ini dapat dibaca selengkapnya di:

Aspek lain di luar animasi game adalah pengerjaan environment. Jika dalam film animasi, kita tidak perlu membuat seluruh bagian environment. Cukup membuat environment yang berada dalam frame kamera saja. Hal ini berbeda dengan video game, dimana seluruh area yang tampak dan tak nampak dari kamera harus dibuat, karena pemain bisa menjelajahi setiap area dalam game.

Pengerjaan animasi dalam video game memang tidak sekompleks film, hal ini dapat diperhatikan pada perbandingan studio game dan studio animasi. Studio animasi jumlahnya tidak banyak, tetapi mereka memiliki jumlah animator yang cukup besar. Sedangkan studio game dari sisi jumlah cukup banyak namun dari jumlah animatornya cukup sedikir dibandingkan jumlah programmer.

Dalam studio game, setiap animasi yang dibuat menggunakan software yang berbeda dengan software untuk pembuatan game atau game engine. Berdasarkan pengalaman kami di Anoman Studio untuk pembuatan game ORBIZ, seluruh animasi dikerjakan menggunakan software Blender lalu dieksport ke game engine UNITY3D.

Animator dalam game ORBIZ yaitu Christino Malaysianto atau akrab dipanggil Tino, menjelaskan bahwa komunikasi antara animator dengan programmer sangatlah penting. Hal ini terkait antara control dari gamer dengan aksi yang dilakukan karakter dalam game. Masalah timing dan game feel menjadi salah satu isu penting dalam menciptakan game yang berkualitas.

Game ORBIZ ini selama acara Baros Anifest 2015 telah dimainkan hampir 500 orang dan dapat di download secara gratis di http://bit.ly/orbizgamejolt.com

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com