Regenerasi Fans?

Pada bulan November 2012, telah dirilis Angry Birds – Star Wars. Sebuah kolaborasi yang cukup fenomenal menurut saya. Awalnya saya kira kolaborasi ini hanya ide para penggemar Angry Birds dan Star Wars, ternyata diwujudkan menjadi nyata. Lepas dari tujuan bisnisnya, saya mengamati bahwa kedua belah pihak diuntungkan dengan kolaborasi ini. Di satu sisi, ROVIO menjadi game yang akan terus dimainkan hingga beberapa tahun ke depan. Di sisi lain, STAR WARS diuntungkan dengan regenerasi penggemar film ini ke generasi yg lahir selepas era STAR WARS eps. 1 s.d. 6.

Bukti nyata dari keberhasilan regenerasi fans STAR WARS ini adalah pada anak pertama saya Dhilan (7 tahun). Meskipun belum memainkan game Angry Birds STAR WARS, dia sudah mencari-cari gambar-gambar serta video promonya di internet. Dari pencarian informasi Angry Birds STAR WARS, mulailah Dhilan hafal tokoh-tokoh utama dari STAR WARS yang jumlahnya tidak sedikit. Dhilan mulai bertanya ke saya siapa sebenarnya Anakin Skywalker, Darth Vader, R2D2, 3CPO, Han Solo, dll. Bahkan dia mulai menanyakan beberapa lokasi penting dalam STAR WARS Saga. Dan yang tak kalah penting, Dhilan dan adiknya, Aura, mulai suka menyanyikan lagu opening song STAR WARS sambil berguman ^_^ Dhilan dan Aura akhirnya meminta saya memutarkan koleksi DVD Star Wars untuk mereka nikmati.

Strategi ini sangat cerdas dan efektif untuk melakukan regenerasi fans! Dan ternyata memang ada wacana untuk membuat STAR WARS eps. 7. Tentu jika film tersebut akan dirilis, Dhilan akan mengajak saya (atau sebaliknya) untuk nonton film ini.

Lalu apa sih yang bisa saya ambil dari srategi bisnis ini? Iya secara tidak langsung saya menggunakan konsep yang mirip. Yang saya lakukan adalah me-regenerasi penggemar dunia Wayang (Ramayana) lewat The Adventures of Wanara. Saya sama sekali tidak mengutak-atik kisah Ramayana, tapi yang saya lakukan adalah membuat kisah masa depan 1000 tahun setelah Ramayana. Tujuan sederhana, yaitu membuat cerita yang bisa dinikmati generasi saat ini yang nantinya diharapkan mereka akan membaca Ramayana.

Regenerasi Fans

Agar bisa dinikmati generasi saat ini sengaja The Adventures of Wanara dibuat dalam konsep multimedia mulai dari novel, interactive digital comic, games, hingga animasi. Produk pertama agar dapat bisa menjadi alat regenerasi kisah Ramayana melalui The Adv. of Wanara adalah melalui interactive digital comic: GARUDA RIDERS Vol. 1 Runaway yang bisa di download secara gratis di GOOGLE PLAY STORE > https://play.google.com/store/apps/details?id=air.co.wanara.garudariders1 . Komik ini berbeda dengan komik tradisional dalam bentuk cetak atau pdf bahkan image, karena dalam komi Garuda Riders dilengkapi dengan mini games serta animasi dan musik orkestra dipadu dengan etnik Bali. Pembaca muda sebagai target dari regenerasi ini diharapkan mampu menikmati suguhan kisah pewayangan dengan media baru seperti tablet dan smartphone.

Untuk memacu promosi dari interaktif comic book Garuda Riders, saya bersama Mechanimotion Entertainment juga memberikan hadiah iPAD dan Smartphone langsung dan tanpa diundi. Caranya cukup daftarkan email ke www.wanara.co dan tingkatkan point referral. Intinya sambil promosi budaya bangsa tapi juga mendapatkan reward.

Tentu keefektifan dari strategi regenerasi pecinta wayang membutuhkan kerja sama banyak pihak dan proses kreatif tanpa henti. Harapannya melalui karya The Adventures of Wanara mampu memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Dan membuka peluang terbentuknya industri kreatif Indonesia yang diakui oleh Internasional.

Sudahkan Anda membuat strategi regenerasi produk kreatif Anda?

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com