Belajar Sejarah Lewat Game Merupakan Cara yang Paling Menyenangkan.

Bagi sebagian besar pelajar, mata pelajaran sejarah terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan karena para siswa dituntut harus menghafalkan nama tokoh, nama tempat, tanggal penting, nama pertempuran, dan masih banyak lagi.

Belajar Sejarah Lewat Game

Saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar, kedua kakak saya senang bermain game PC diantaranya adalah Nobunaga’s Ambition. Game ini bergenre strategi perang dengan latar belakang sejarah Jepang pada era sengoku yaitu abad ke 15. Gara-gara game ini saya mulai mengenal sejarah Jepang dengan cepat. Intrik-intrik politik hingga teknik diplomasi diajarkan dalam game Nobunaga’s Ambition. Secara tidak langsung, dari game ini saya dengan sendirinya mengingat nama-nama tokoh, pertempuran, dan banyak hal terkait sejarah Jepang.

Game keluaran KOEI pada tahun 1998 ini merupakan game strategi pertama yang saya mainkan hingga berlanjut bermain game Civilization. Lewat game Civilization saya kembali mengenal sejarah dunia yang lebih luas. Tokoh-tokoh dunia yang hanya saya kenal lewat buku ensiklopedia, akhirnya dapat saya kenali secara lebih detil lewat game ini. Bahkan, karakteristik kepemimpinan mereka disimulasikan dalam game ini.

Kini 25 tahun kemudian, saya telah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak. Kedua anak saya mulai tertarik sejarah Jepang saat mereka bermain Sengoku Basara dari Capcom. Usia anakpertama saya, Dhilan sama persis saat saya bermain game Nobunaga’s Ambition yaitu 10 tahun. Bersama adiknya, Aura (5 tahun) kami berdiskusi tentang sejarah para samurai dan daimyo pada era Sengoku. Meskipun game Sengoku Basara lebih ke arah action, setidaknya kami sama-sama mengenal tokoh-tokoh dalam game tersebut yang diangkat dari sejarah Jepang.

Namun,  saya berharap suatu saat nanti akan hadir sebuah game “Gadjah Mada’s Ambition” yaitu game strategi yang mengisahkan ambisi Gadjah Mada mempersatukan nusantara di bawah imperium Majapahit. Meski Exp. Pack Civilization telah menampilkan sosok Gadjah Mada, menurut saya masih belum cukup mengulas sejarah Indonesia.

Harapannya, akan menjadi sebuah game yang tidak hanya memperkenalkan sejarah Indonesia tetapi juga membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme. Sehingga para siswa akan belajar sejarah Indonesia dengan cara yang sangat menyenangkan.

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com