BIAF 2014 Ajang Kumpul Pelaku Industri Kreatif Dunia pada 27 s.d. 30 November 2014.

Baros International Animation Festival atau disingkat BIAF telah berlalu. Event tahun kedua ini menghadirkan pembicara-pembicara profesional dari Luar Negeri dan Dalam Negeri. Mereka hadir untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat umum serta para pelaku industri kreatif.

Ada 8 negara ikut serta. Prancis, Jerman, Iran, Thailand, Malaysia, Singapura, Malaysia, dan Philipina. Keistimewaan BIAF tahun ini, pembicara yang datang mereka yang telah memiliki karya yang sangat bagus hingga level global.

Meskipun acara ini sebenarnya untuk para “animator” namun pihak penyelenggara yaitu CCA (Cimahi Creative Association) juga menghadirkan para pelaku industri komik, film, dan games. Para komikus dan beberapa game developer disediakan booth di arena BIAF yang berlokasi di Simply Valore Hotel, Baros, Cimahi, Jawa Barat.

Saya sendiri mendapatkan sebuah kehormatan untuk berbagi pengalaman saya di Mechanimotion dalam IP (Intellectual Property) development di master class pada hari Sabtu, 29 November 2014. Dalam kelas ini dihadiri lebih dari 50 orang peserta mulai dari pelaku penulis, komik, game, hingga animasi. Hal ini menunjukkan kesadaran pelaku industri kreatif akan pentingnya IP mulai baik. Novel, komik, game, animasi atau media lainnya sudah dianggap sebagai media.

[slideshare id=42237677&doc=intellectualpropertydevelopment-141201173756-conversion-gate01]

Ajang BIAF 2014 tidak hanya menjadi acara berbagi ilmu tetapi juga ajang silaturahim saya dengan teman-teman dari komunitas Blender Army Indonesia. Selain itu saya akhirnya berkumpul lagi dengan rekan-rekan saya Mas Wahyu (Plankton Studio), Kang Irvan (CCA), dan Mas Rif’an (SweatBox Animations) waktu belajar Intellectual Property of Japan Creative Industry di Tokyo. Sayang kurang satu orang lagi yaitu Mbak Nonie Nandya (Republik Animasi Malang).

BIAF 2014 Ajang Kumpul Pelaku Industri Kreatif Dunia

Saya juga pada saat acara BIAF diajak Mas Aditia A. Pratama (Co-Founder Kampoong Monster Studios dan Founder FOSS Grafis) bersama Mas Rizky Djati M. (Comlabs USDI-ITB dan Author FOSS Grafis) untuk membahas strategi pengembangan FOSS (Free Open Source Software) Grafis di masa depan. Ada beberapa ide segar yang akan dikembangkan di tahun 2015 untuk sosialiassi FOSS Grafis yang lebih punya manfaat dan impact.

Yang tak kalah seru adalah pada sabtu malam diadakan ajang kumpul para pelaku komik, game, dan animasi  BIAF 2014. Dimana para pelaku harus melakukan kolaborasi bersama dalam konsep Transmedia. Acara ini dikomando oleh Mas Imansyah Lubis (Dosen Sekolah Industri Kreatif РUniversitas Telkom) bersama Mbak Amelia (Dosen Universitas Indonesia).

Selama pameran BIAF 2014 berlangsung, Alhamdulillah semua booth cukup ramai dikunjungi penonton dan undangan. Termasuk booth MECHANIMOTION. Para pengunjung yang rata-rata pelajar banyak menanyakan proses produksi komik, animasi, dan game.

Semoga BIAF yang akan datang yaitu di tahun 2015 dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan semakin banyak karya anak bangsa yang bisa ikut hadir.

NB: Special Thanks buat foto dokumentasi detik, Arbi Pramana (ABI-Desain) dan Novi Retnosasi.

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com