Desain karakter game animasi Pikachu dalam Pokemon memang cukup unik dan menarik. Artikel ini saya buat agar teman-teman pelaku industri kreatif Indonesia bisa belajar banyak bagaimana men-desain karakter yang menjual.

Semua pasti suka Pikachu, karakter dalam Pokemon. Sebenarnya Pikachu bukanlah karakter utama dalam Pokemon. Namun dalam berjalannya waktu Pikachu “terpilih” sebagai karakter utama.

Desain Karakter Game Animasi

Lalu faktor-faktor apa saja yang  membuat Pikachu menjadi karakter yang “stand out” atau menonjol dibandingkan ratusan karakter pokemon yang ada?

1. Faktor Cuteness

Cuteness atau sekarang populer dengan istilah imut hingga unyu memang ada dalam visual dan audio dari Pikachu. Suara “pika-pika” seperti bayi yang imut menciptakan hubungan emosi bagi siapa saja yang mendengar.

2. Faktor Warna

Warna khas dari Pikachu adalah kuning. Hal inilah yang membuat Pikachu lebih menonjol jika disandingkan dengan karakter yang lain. Menurut Masakazu Kubo (Shogakukan Inc.), warna kuning Pikachu seperti warna traffic light, sehingga akan menciptakan atensi bagi yang melihatnya. Selain itu kontras antara warna hitam dan kuning, akan mampu menarik perhatian mata.

3. Faktor Mata

Perhatikan mata Pikachu yang bulat hitam dengan titik putih (kilau) . Bentuk ini lebih memudahkan kita menemukan Pikachu diantara karakter-karakter yang ada. Bentuk mata ini menjadi “center of interest” visual kita.

4. Faktor Simplicity

Bentuk Pikachu sangatlah sederhana dibandingkan bentuk karakter yang lain. Begitu pula detil dari Pikachu tidak terlalu kompleks. Desain karakter ini juga akhinya memudahkan proses produksi Merchandising Pikachu. Bahan warna juga tidak banyak, sehingga mudah diaplikasikan menjadi kaos, alat tulis, boneka, dll.

Poster Film Pokemon

5. Faktor Warna Background

Masakazu Kubo juga menambahkan bahwa untuk setiap poster film Pokemon, mereka banyak menggunakan warna biru. Alasannya adalah rilis film-film Pokemon umumnya di musim panas. Sehingga warna biru akan menyejukkan mata dan menetralisir warna kuning Pikachu yang sangat kuat.

Maka penting sekali bagi para desainer karakter memahami  aspek psikologis konsumen agar menghasilkan desain karakter game animasi yang “menjual”.

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com