Edukasi Kehidupan Mahasiswa lewat Dunia Kampus Card Game di Masa Orientasi Bersama (MOB) Mahasiswa Baru UBAYA (Universitas Surabaya)

Kenali Kampus dengan Bermain

Kesempatan terlibat kembali sebagai panitia MOB sebenarnya sudah saya terima beberapa kali, namun karena kesibukan untuk mengembangkan beberapa penelitian terkait gamifikasi dan inovasi pembelajaran baru pada 2018 ini saya bisa terlibat.

Berawal dari obrolan di bulan Mei 2018 dengan Aris “mantan” mahasiswa saya yang kali ini telah menjadi dosen di Jurusan Akuntansi – FBE (Fakultas Bisnis & Ekonomika) Ubaya sekaligus ketua MOB 2018 tentang inovasi untuk meningkatkan “engagement” serta mengakselerasi maharu dalam proses adaptasi kehidupan kampus lewat permainan. Akhirnya saya diminta untuk memimpin sie yang baru dalam kepanitiaan yaitu Gamifikasi.

Singkat kata, saya langsung menerima kesempatan ini untuk menggunakan card game agar bisa dimainkan bersama 2500 mahasiswa baru (maharu) di saat MOB. Selanjutnya saya mulai merekrut tim inti untuk terlibat dalam sie gamifikasi ini. Orang pertama yang langsung saya ajak adalah mahasiswa saya di S2 Magister Akuntansi – Pasca Sarjana Ubaya yaitu Christian Hendrawardhana karena dia memiliki pengalaman sebagai Game Master/Coach di Tabletoys Board Game Store & Library serta memiliki “passion” dalam dunia pendidikan. Orang kedua berikutnya adalah Alan Jonathan yang masih duduk di semester awal jurusan akuntansi Ubaya. Dia saya kenal ketika masih duduk dibangku SMA dan terlibat dalam komunitas Papan Dolanan Arek Suroboyo hingga ia memilih kuliah di Ubaya.

Pra Perancangan Dunia Kampus Card Game

Kami bertiga berdiskusi tentang konsep card game yang akan dirancang untuk MOB, hal yang saya lakukan adalah: menentukan durasi bermain dan jumlah pemain karena harus menyesuaikan dengan rundown acara. Saat itu kita mendapatkan slot waktu 2 jam untuk menjelaskan, bermain, dan evaluasi bersama 2500 maharu. Langkah berikutnya adalah menentukan batasan anggaran cetak karena sie gamifikasi masih baru maka anggaran yang disediakan masih terbatas.

Setelah menentukan batasan-batasan teknis, maka dilanjutkan dengan pembahasan obyektif dari permainan Dunia Kampus. Tentu tidak semua hal terkait kehidupan perkuliahan bisa dimasukkan ke dalam permainan. Kami harus menentukan prioritas pengetahuan yang akan dibutuhkan maharu saat menjalani 1 tahun pertamanya di kampus. Akhirnya kami menentukan beberapa poin yang harus ada dalam card game yaitu:

  • Kegiatan utama yang harus dilakukan mahasiswa selama kuliah
  • Pengenalan beasiswa
  • Syarat-syarat kelulusan
  • Multikultur

 

Proses Perancangan Dunia Kampus Card Game

Setelah batasan teknis dan tujuan permainan telah ditentukan maka dilanjutkan dengan proses perancangan mekanik permainan. Dengan durasi yang cukup singkat dan jumlah pemain yang relatif banyak yaitu 3-5 orang maharu maka mekanik permainan yang digunakan adalah card drafting dan set collection. Konsep yang kurang lebih sama seperti saat saya bersama tim Waroong Wars yaitu low budget with high impact.

dunia kampus card game board game mob ubaya

Selanjutnya saya merekrut anggota tambahan untuk terlibat dalam sie gamifikasi untuk play test, dokumentasi, dan pelatihan game master hingga pelaksanaan serta evaluasi. Anggota baru yang terlibat adalah Dwike (Psikologi), Meliyani (Akuntansi), dan Lidya (Akuntansi). Sehingga total tim kami menjadi 6 orang termasuk saya.

Hasil prototype oleh ketua MOB diminta untuk dipresentasikan ke pihak Rektor dan para Wakil Rektor selaku penanggung jawab kegiatan MOB 2018. Alhamdulillah mendapat respon positif dari para pimpinan Ubaya.

Proses pengerjaan artistik saya kerjakan sendiri dengan menggunakan software GIMP dan INKSCAPE sedangkan foto-foto disupport oleh tim Humas Ubaya. Butuh waktu kurang lebih 2 bulan untuk mengembangkan dunia campus card dari mulai prototyping sampai dengan cetak.

 

Pembuatan Video Tutorial Dunia Kampus Card Game

Saya banyak berdiskusi dengan Christian untuk mencari metode yang efektif melatih para Mahasiswa Pendamping atau Maping berperan sebagai Game Master (GM) Dunia Kampus card game. Akhirnya selain memberikan pelatihan, kami juga menyiapkan video tutorial cara bermain.

Pengambilan video tutorial dilakukan di ruang dosen Akuntansi Gedung EB lt.2 dimana pengambilan video dan editing dikerjakan oleh Dwike (Psikologi). Proses pembuatan video berlangsung selama 2 hari tidak termasuk editing. Hasil videnya bisa dilihat pada link berikut ini:

 

Proses Cetak Dunia Kampus Card Game

Saya memilih percetakan yang tidak jauh dari lokasi Ubaya untuk menekan biaya pengiriman, akhirnya saya memilih Smile Island Offset Printing yang berada di kawasan rungkut. Saya berdiskusi dengan panjang lebar dengan pihak percetakan tentang kebutuhan cetak. Singkat cerita akhirnya proses cetak untuk 600 set dengan total per set 105 kartu siap dikerjakan.

Namun proses penyelesaian cetak mengalami molor 3 hari dari jadwal yang telah kami tentukan sehingga kami harus lembur. Hal ini disebabkan pembuatan pisau potong kartu terlalu kecil sehingga harus dibuat ulang.

dunia kampus card game board game mob ubaya

Pada hari H yang dijanjikan hasil cetak langsung kami angkut ke Ubaya untuk dilakukan pengepakan. Namun sekali lagi ternyata kami harus melepas kartu dari lembaran kertas. Yang dijanjikan adalah kartu-kartu sudah dilepas. Namun kami tidak mau berpanjang lebar untuk komplain karena jadwal MOB sudah sangat dekat.

dunia kampus card game board game mob ubaya

dunia kampus card game board game mob ubaya

Akhirnya kami harus ekstra lembur dengan melibatkan seluruh tim untuk melepas kartu dari lembaran cetak dan mengurutkan kartu lalu mengepak ke dalam box.

 

Pelatihan Game Master Dunia Kampus Card Game

Tantangan berikutnya selain cetak adalah kami harus melatih 133 orang Mahasiswa Pendamping (MAPING) yang nantinya harus mengajarkan cara bermain Dunia Kampus Card Game ke para maharu. Seorang Maping akan memimpin sekitar 15 s.d. 20 orang mahasiswa baru. Pelatihan bermain ini dipimpin langsung oleh Christian yang memiliki pengalaman sebagai game master di Tabletoys Board Game Store & Library.

dunia kampus card game board game mob ubaya

dunia kampus card board game mob ubaya 2018

Proses pelatihan maping ini berlangsung dengan lancar dan disambut secara positif oleh koordinator maping dan seluruh panitia MOB Ubaya 2018.

 

2500 Maharu Serentak Bermain Dunia Kampus Card Game

Akhirnya pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 mulai jam 10.30 pagi s.d. 12.30 kegiatan bermain Dunia Kampus Card Game dilaksanakan. Acara ini cukup terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan yaitu jam 10 pagi.

Meski terlambat, proses bermain berjalan dengan baik berkat dukungan semua pihak khususnya para Maping yang telah mengikuti training menjadi game master.

dunia kampus card game board game mob ubaya

dunia kampus card game board game mob ubaya

dunia kampus card game board game mob ubaya

Untuk mengukur keberhasilan dalam proses permainan kami menyiapkan pre test dan post test secara online dengan menggunakan kahoot dan versi cetak untuk mengantisipasi masalah koneksi internet.

Beberapa pihak media juga hadir meliput kegiatan bermain ini, ada dari pihak JTV, Suara Surabaya, Tribunnews, Sindo Jatim dll. Karena bersamaan ada kegiatan seminar di Ubaya.

 

Hasil Umpan Balik Maharu setelah Bermain Dunia Kampus Card Game

Hasil dari umpan balik kami terima sejak sore dari para maharu melalui tim evaluasi MOB Ubaya dengan menggunakan Google Form yang diisi saat di kelas. Dari 2500an maharu, data yang berhasil masuk sekitar 2100 saja, berikut hasilnya:

Dari 2.163 respon menunjukkan bahwa 49,6% maharu menyatakan sangat setuju dan 44% menyatakan setuju sehingga jika di total ada 94% menyatakan bahwa Dunia Kampus Card Game mampu memberikan gambaran dunia perkuliahan dengan baik.

Dari sisi kemudahan bermain hasilnya adalah 44,6% maharu menyatakan mudah dan 33% maharu menyatakan sangat mudah dimainkan. Sisanya menyatakan tidak mudah bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah bermain  board game adalah hal baru,  ketidakmampuan maping dalam menjelaskan materi, hal teknis di kelas seperti kendala alat dll.

Untuk evaluasi tentang “ketertarikan” maharu terhadap permainan Dunia Kampus Card Game hasilnya adalah 51,7% menilai sangat menarik dan 36,6% menilai menarik atau totalnya 88,3%.

 

Kesimpulan

Bagi saya pengerjaan Dunia Kampus Card Game adalah pengalaman luar biasa, karena melibatkan talenta-talenta muda yang luar biasa dengan skala proyek yang relatif besar yaitu bermain bersama 2500 mahasiswa baru + 133 mahasiswa pendamping. Banyak pengalaman berharga yang buat saya dan akan menjadi evaluasi perbaikan Dunia Kampus Card Game di masa datang. Diantara hal penting yang perlu diperhatikan adalah:

  • Perencanaan berbasis risiko mulai dari aktivitas pengerjaan card game dan sumber daya yang terlibat.
  • Perancangan card game harus dimulai dari skala prioritas informasi yang ingin disampaikan ke pemain (Maharu + Maping).
  • Pelatihan Game Master (Maping) yang efektif, dimana Maping harus menjadi GM bukan sebagai pemain saat pelatihan.
  • Pengaturan alokasi waktu yang matang dan memperhatikan rundown acara dengan aktivitas lain.

Sementara itu saja yang bisa saya bagikan, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada ketua MOB, Aris Surya Putra yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk “kembali” berkarya di acara super epic ini. Selain itu kepada seluruh tim Gamifikasi yang luar biasa berkontribusi dan berproses dalam pengembangan Dunia Kampus Card Game, yaitu Christian hendrawardhana, Alan Jonathan, Dwike, Lidya, dan Meliyani.

Semoga Edukasi Kehidupan Mahasiswa lewat Dunia Kampus Card Game memberi dampak yang besar bagi para mahasiswa baru untuk menjalani kehidupan sesungguhnya di Ubaya.

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com