Ekonomi Kreatif Indonesia  – PPKI 2012 atau Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012 dengan tema YANG MUDA YANG BERKREASI” akan dihelat pada 21-25 November 2012 di  Epiwalk, Jakarta.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, kali ini PPKI 2012 dilaksanakan di sebuah Mall di Jakarta. Alasannya sederhana, Mall adalah tempat hang out anak muda, dan hal ini sesuai tujuan PPKI yaitu untuk memajukan ekonomi kreatif Indonesia melalui generasi muda Indonesia.

Aktivitas utama yang akan digelar pada acara PPKI 2012 dibagi menjadi: 34 aktivitas konvensi; 10 aktivitas pertunjukan;  23 aktivitas pameran dan permainan, serta 5 aktivitas kuliner.

Dalam acara konvensi,ditargetkan akan mendatangkan pengisi acara dan pembicara  dari 8 negara, yaitu: Jepang, Korea, Inggris, Singapura, Malaysia, dan Thailand.  Konvensi kali ini akan didiskusikan pengembangan ekonomi kreatif mulai dari aspek kebijakan strategis, aspek bisnis dan teknis yang lebih mendalam mengenai subsektor industri kreatif, serta upaya untuk melakukan business matching.

“Ini akan menjadi ajang nasional bagi orang kreatif untuk mengakui dan diakui, sekaligus bagi yang berniat terjun ke industi kreatif,” kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, usai Rapat Koordinasi PPKI 2012 di Kantor Kemenko Kesra, Jl. Medan Merdeka Barat, Selasa (14/11/2012).

Untuk menyosialisasikan kegiatan PPKI 2012 ini dilakukan roadshow ke kota-kota besar di Indonesia. Salah satunya di Surabaya PPKI bekerja sama dengan Fresh Sby dengan acara: Cara Oke Jual Ide.  Acara ini diselenggarakan Rabu, 7 November 2012, Pukul 18.30-21.30, Di Daun Lada Resto – Jl. Polisi Istimewa No. 28 Surabaya

Dalam acara ini selain memberikan penjelasan aktivitas PPKI, juga menghadirkan Art Director komik, game, dan animasi The Adventures of Wanara (TAOW) yaitu Bonnie Soeherman. Bonnie Soeherman sendiri juga sebagai Product Design & Creation Director dari Mechanimotion Entertainment (PT Mekanima Inspira Nagara) salah satu perusahaan yg bergerak di industri kreatif.

Bonnie Soeherman banyak berbagi pengalaman dan tips serta trik menjual ide yang ia lakukan bersama Adhicipta R. Wirawan untuk membuat The Adventures of Wanara. Salah satu penjelasan yang ia sampaikan adalah pentingnya proses kreatif diluar aspek produksi kreatif itu sendiri, mulai dari memasarkan hingga menjual produk ekonomi kreatif yang dihasilkan.

Sebagai penutup, Charlie, sebagai salah satu pihak penyelenggaran PPKI 2012, berharap para generasi muda memanfaatkan momentum PPKI 2012 ini sebagai pemicu kebangkitan ekonomi kreatif Indonesia.

 

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com