Indie Game Marketing: Pemasaran Game dengan Bujet Minimalis dipresentasikan pada hari Rabu, 16 September 2015 di Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta.

Marketing merupakan hal penting di setiap bisnis, termasuk game. Namun persepsi para indie game developer terhadap marketing adalah sesuatu yang ribet dan butuh anggaran besar. Padahal jika indie game developer memahami pentingnya marketing, maka akan bermanfaat tidak hanya dalam bentuk download hingga penjualan game tetapi juga dalam proses pengembangan game itu sendiri.

Presentasi Indie Game Marketing ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu: 1) Mengapa Indie Game Marketing itu Penting, 2) Kapan Indie Game Marketing harus dilakukan?, 3) To Do-List Indie Game Marketing. Para mahasiswa sebagai calon game developer diharapkan sejak awal memiliki perencanaan yang cukup matang dalam membuat strategi marketing untuk game yang akan mereka rilis.

Waktu dan biaya yang dialokasikan untuk merealisasikan game yang dibuat tidaklah sedikit dan murah. Marketing dibutuhkan sejak awal agar game yang dihasilkan tidak sia-sia dan tenggelam diantara ratusan hingga ribuan judul game baru yang rilis.

Dalam presentasi ini juga dibahas tentang pengalaman Anoman Studio dalam me-marketing-kan game ORBIZ. Bagi tim pengembang ORBIZ, Indie Game Marketing: Pemasaran Game dengan Bujet Minimalis adalah sebuah kebutuhan. Game yang dibangun awalnya 3 orang pada awal November 2014 cukup solid. Sejak awal kami telah membuat strategi markeing untuk game ORBIZ agar dapat dikenal masyarakat lokal dan internasional.

Ada 3 fase marketing untuk game ORBIZ (lihat slide hal. 24), fase pertama dilakukan sejak prototyping dan playtest, fase kedua saat produksi, dan fase ketiga saat game akan rilis. Saat ini game ORBIZ tengah menjalani fase kedua marketing yang bertujuan untuk fokus membangun fan base. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan situs gamejolt.

Satu kehormatan buat saya diberi kesempatan oleh Program Studi D4 game design MMTC untuk berbagi pengalaman tentang indie game marketing berdasarkan pengalaman mengembangan game dari tahun 2012 hingga sekarang. Total saat ini ada 12 game yang sudah dikembangkan Mechanimotion dan melalui divisi game Anoman Studio.

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com