investor animasi jepang indonesia-1

Investor Animasi Jepang pada umumnya tidak dilakukan oleh perorangan atau sebuah studio animasi, tetapi dilakukan oleh lebih dari satu perusahaan. Penjelasan ini diberikan oleh Mr. Masafumi MASUDA, Attorney at Law, Mori Hamada & Matsumoto.

Perusahaan-perusahaan yang bergabung untuk membentuk kemitraan/partnership dalam membiayai produksi animasi disebut sebagai SEISAKU-IINKAI. Beberapa contoh produksi animasi dengan konsep partnership seperti serial animasi Pokemon, Inazuma, Yu Gi, Doraemon dll.

Investor Animasi Pokemon

Copyright POKEMON Co.

Informasi ini sangat penting ketika pihak Indonesia ingin bekerja sama dengan industri Animasi Jepang untuk membuat IP (intellectual property) bersama. Sehingga IP tersebut dapat dinikmati di Jepang dan Indonesia bahkan seluruh dunia.

Siapa saja investor dalam SEISAKU-IINKAI? Mereka adalah:
1. TV Broadcaster
2. Film distributor
3. Toy manufacturer
4. Advertising Agency
5. Animation Production Company
6. Game Developer
7. Music Agency
8. Retail Store

Lalu apa tujuan melakukan SEISAKU-IINKAI dalam memproduksi animasi?
1. Berbagi resiko dalam investasi
2. Berbagi keuntungan untuk setiap partner guna membangun industri animasi semakin kuat

Lalu bagaimana dengan hak ciptanya? Besar nilai hak cipta dari setiap partner besarnya sesuai dengan rasio investasi yang mereka tanamkan pada produksi animasi.

Perlu diketahui bahwa rata-rata biaya produksi per episode animasi Jepang mencapai 18 juta yen atau Rp 1,98 Milyar dan satu season 13 episode mencapai Rp 25,7 milyar. Sedangkan keuntungan yang diperoleh dari produksi animasi melalui MD (Merchandising), VCD, Music, TV, Amusement dll. mencapai Rp 1,5 triliun.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa industri animasi sekelas JEPANG bukan dikerjakan SENDIRI tetapi harus dilakukan secara PARTNERSHIP atau SEISAKU-IINKAI

Bagaimanakah potensi kerjasama IP antara Investor Animasi untuk  Indonesia dengan Jepang? Saya akan bahas pada artikel selanjutnya.

BACA ARTIKEL SEBELUMNYA

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com