Jaringan Bisnis Industri Kreatif Jawa Timur

Jaringan Bisnis Industri Kreatif Jawa Timur Saat ini Masih Perlu Ditingkatkan.

Maka dari itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan selama 6 hari bagi para pelaku industri kreatif di Surabaya dan Malang yang tergabung dalam wadah JATIM IT CREATIVE (JITC). Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Tretes Raya, Pasuruan dari tanggal 15 s.d. 20 September 2014.

Jaringan Bisnis Industri Kreatif Jawa Timur

Narasumber dan trainer dalam training ini adalah Adhicipta R. Wirawan, CEO Mechanimotion memberikan paparan tentang peta industri kreatif nasional dan internasional serta berbagi pengalamannya dalam mengembangkan novel, komik, game, dan animasi The Adventures of Wanara. Banyak tip dan pengalaman selama belajar Intellectual Propery of Creative Industry di Jepang ia bagikan ke para peserta.

Berikut rerangka pelatihan “Penguatan Jaringan Bisnis untuk Pengelolaan JITC”

Adhi juga berbagi bentuk presentasi dan proposal saat mengikuti kompetisi di INAICTA dengan studi kasus game “DJAMAL Detektif Cilik“. Sebuah presentasi harus disampaikan tidak hanya hal teknis tetapi juga kemampuan komunikasi yang baik. Rencananya game ini akan diikut sertakan dalam situs pengumpulan dana bersama atau Crowdfunding Indonesia yaitu KITABISA.CO.ID

Djamal Detektif Cilik: Juara 2 Game ACFFEST KPK 2013 dan 8 Terbaik Game INAICTA 2014

Narasumber yang lainnya adalah seorang doktor di bidang akuntansi, Dedhy Sulistiawan, selain sebagai pengajar dan peneliti, beliau juga sebagai Business Development Manager di Mechanimotion. Dedhy mengajak seluruh peserta untuk mengenali diri mereka sebagai pelaku industri kreatif dengan Tes Personality Plus apakah mereka termasuk jenis Choleric, melancholic, sanguine, dan phlegmatic. Tujuan tes ini adalah setiap pelaku paham dengan karakteristik mereka sehingga memahami peran mereka nantinya di jaringan bisnis industri kreatif.

 Jaringan Bisnis Industri Kreatif Jawa Timur

Setelah para peserta menyelesaikan tes personality plus dan memahami tipe mereka. Dedhy mulai menjelaskan pentingnya teknik komunikasi, presentasi, hingga negosiasi di industri kreatif. Peserta diajak berinteraksi satu dengan yang lain untuk mempraktikkan teknik-teknik tersebut.

Di akhir kegiatan para peserta diajak untuk mengidentifikasi masalah industri kreatif yang mereka hadapi dan mengusulkan rekomendasi perbaikan jaringan bisnis industri kreatif di Surabaya dan Malang. Sehingga dapat disusun rencana kegiatan berdasarkan fakta dan realita di lapangan.

Hasil rekomendasi dari JITC Surabaya adalah sebagai berikut:

 

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com