Kelas Inspirasi Surabaya 2013 diadakan pada 20 Februari 2013 mengajak para profesional untuk bercerita tentang profesi dan pengalaman mereka kepada para siswa SD di berbagai kota Indonesia.

Harapan dari kegiatan ini adalah sharing dari para profesional dapat menginspirasi para siswa SD dalam menentukan masa depan mereka nanti.

Kelas Inspirasi Surabaya

Saya menunjukkan animasi Garuda Riders

Saya terpilih sebagai salah satu profesional Kelas Inspirasi Surabaya untuk bercerita profesi animator ke para siswa di SDN Kedungdoro III Surabaya. Pemilihan ini seakan-akan jawaban dari doa saya beberapa bulan silam yang saya tuliskan di status FB saya saat itu. Saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman untuk adik-adik SD dan saat itu saya juga tidak pernah dengar dan tahu ada program Indonesia Mengajar Kelas Inspirasi.

Panitia mengontak saya saat perjalanan pulang dari Bandung, setelah on air di OZ Radio Bandung untuk me-launching OST. Garuda Riders. Dan tawaran untuk menjadi Pengajar di Kelas Inspirasi langsung saya terima ^_^

Sekitar 2 minggu sebelum pelaksanaan Kelas Inspirasi, para relawan pengajar Indonesia Mengajar Kelas Inspirasi Surabaya diundang untuk briefing. Untuk Surabaya dilaksanakan 9 Februari 2013, Jam 08.30-12.00 di Ivy School, Kompleks Royal Residence B6-1.

Saya bersama Pak Taufiq Arif Setyanto (Laboratorium Hidrodinamika Indonesia, BPPT) dan Pak Samuel Gunadi (FisiRO) ditugaskan di SDN Kedungdoro III Surabaya bersama tim dokumentasi Pak Alwi Hadi (Fotografer) dan Shafira Meidyana (Videografer). Pada 11 Februari kami melakukan observasi awal untuk melihat lokasi Kelas Inspirasi. Video Dokumentasinya dapat dilihat disini:

Setelah melakukan observasi kami sepakat untuk mengatur strategi mengajar di Kelas Inspirasi Surabaya, ide kami adalah membuat kelas dimana para pengajar telah ditentukan ruang kelasnya dan para siswa kelas 4, 5, dan 6 berpindah kelas setiap 75 menit. Sehingga seluruh siswa mendapatkan sharing pengalaman dari 3 profesi yang berbeda. Saya sendiri fokus menjelaskan profesi animator ke para siswa. Mulai dari menjelaskan apa itu animasi dan kemiripan profesi animator dengan dalang. Saat itu saya menggunakan alat peraga wayang dari 2 tokoh karakter animasi yang sedang saya kerjakan bersama tim, yaitu Naradja dan Katunara dari The Adventures of Wanara Trilogy: Garuda Riders.

Kelas Inspirasi Surabaya

Sesi kelas inspirasi Surabaya diakhir dengan mengumpulkan seluruh siswa di lapangan yang dipimpin oleh Pak Samuel. Pak Samuel menegaskan pentingnya menentukan cita-cita sejak SD, setidaknya mulai dari target SMP yang akan dituju. Para siswa juga diberi kesempatan untuk menuliskan cita-cita mereka ke selembar kertas post it untuk ditempelkan ke balon-balon. Simbolisasi dari tekad untuk mewujudkan impian mereka. Rangkuman video dokumentasi Kelas Inspirasi SDN Kedungdoro III dapat dilihat di sini:

Pelajaran berharga dari saya setelah mengajar di Kelas Inspirasi kali ini adalah “Mengajar Tidak Hanya Menginspirasi Para Siswa Tetapi Sebagai Pengajar, Saya Justru Terinspirasi Oleh Para Siswa Atas Semangat dan Antusianisme Mereka dalam Belajar”

Situs Kelas Inspirasi: http://kelasinspirasi.org
Official Fan Page: http://www.facebook.com/KelasInspirasi

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com