Peluang Menggiurkan Profesi Game Master di Board Game Cafe / Library  dan apa saja yang harus kamu siapkan.

Dengan semakin berkembangnya industri board game di Indonesia, banyak bermunculan kegiatan bermain board game di komunitas, kampus, sekolah, hingga lokasi tetap untuk bermain board game dalam bentuk cafe, resto, dan library atau perpustakaan.

Kehadiran event dan lokasi untuk bermain board game ini diikuti pula dengan meningkatnya kebutuhan tenaga pengajar board game atau lebih dikenal dengan istilah Game Master. Tugas utama seorang game master adalah:

  1. Memahami keinginan para pemain terhadap board game yang sesuai dengan karakteristik mereka.
  2. Menjelaskan aturan permainan dari sebuah board game ke para pemain dengan bahasa yang sederhana serta mudah dipahami.
  3. Mengawasi proses bermain board game untuk memastikan tidak terjadi kesalahan dalam bermain.
  4. Membantu “menyimpulkan” hasil bermain board game mulai dari  menghitung skor, memberikan umpan balik dari hasil permainan, berbagi tips dan trik.
  5. Membantu para pemain untuk merapikan board game ke dalam box secara benar.

Lalu kriteria apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang Game Master?

Kriteria utama untuk menjadi seorang Game Master atau GM diantaranya adalah:

  1. Menyukai board game dan setidaknya telah memiliki pengalaman bermain secara intens dalam 12 bulan.
  2. Tidak membatasi diri pada genre board game tertentu.
  3. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik untuk menjelaskan rule book board game ke para pemain.
  4. Menguasai bahasa Inggris sebab board game di Indonesia saat ini masih didominasi oleh board game dari luar negeri.
  5. Ramah, Sabar, Sopan, dan Jujur

Salah satu contoh lowongan kerja Game Master di Tabletoys Board Game Store and Library di Surabaya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Berapa Penghasilan seorang Game Master?

Lalu berapa sih rata-rata gaji atau honor seorang game master? dari hasil wawancara dan pengamatan yang telah saya lakukan, ada 2 penghasilan utama seorang game master yaitu menjadi freelance game master dan permanent game master. Freelance game master memperoleh penghasilan dari event-event playday board game mulai dari acara eksebisi seperi di Surabaya Board Game Market (Subogama), Game Prime, Comic Con, dll. Bahkan beberapa game master di sewa untuk acara-acara seminar, workshop, s.d. sesi perkuliahan. Fee seorang Game Master di Workshop / Seminar / Perkuliahan biasanya antara Rp 120.000 s.d. Rp 400.000 untuk per sesi (sekitar 3 jam – 6 jam)

Sedangkan untuk permanent game master penghasilan mereka rata-rata dihitung per hari yaitu mulai dari Rp 80.000 s.d Rp 100.000 per hari dengan jumlah hari kerja rata-rata 24 hari/bulan. Sehingga penghasilannya mencapai Rp 1,92 juta s.d. Rp 2,4 juta. Ini belum termasuk tunjangan, uang makan, uang transpor dll. Bahkan pengunjung yang puas memberikan uang tip ke game master yang mampu memberikan layanan memuaskan.

 

Game Master menjadi Game Designer?

Peluang Game Master tidak hanya dari penghasilan freelance dan tetap, tetapi tidak menutup kemungkinan menjadi seorang game designer. Sebab dengan menjadi seorang Game master ia memiliki referensi yang cukup kaya dengan aneka jenis genre dan mekanik board game. Selain itu, ia memiliki pemahaman yang baik terhadap jenis pemain yang ia layani sebagai seorang game master. Hal ini menjadi nilai plus yang tidak dimiliki game designer yang tidak memiliki pengalaman sebagai game master.

Kesimpulan

Jam kerja seorang Game Master bergantung pada peluang yang ia ambil, seorang game master yang bekerja penuh atau full time game master dan juga freelance game master bisa memiliki penghasilan per bulan Rp 3 juta s.d. Rp 4 juta rupiah. Dan penghasilan ini akan semakin bertambah jika ia juga merancang board game dan mendapatkan royalti atas penjualan board game yang ia rancang. Jika penjualan boardgame cukupa bagus ia bisa mendapatkan penghasilan tambahan mulai dari Rp 5 juta rupiah.

Bagaimana? tertarik menjadi seorang game master?

 

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com