Penghianat & Pengemis di Board Game Mighty Monsters itulah 2 kata yang terbesit saat bermain board game ini.

Board game dari publisher Queen Games ini saya beli pada tahun 2017, namun baru pertama kali dimainkan secara intens pada 2018. Saya membeli board game ini setelah berkunjung ke markas publisher board game lokal yaitu Hompimpa Games di Solo. Tampilan visualnya sangat bagus dan kartun serta boardnya bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Board game ini dapat dimainkan 3 s.d. 6 pemain, dimana setiap pemain akan menguasai 5 monster untuk merampok istana kerajaan yang kaya raya. Durasi waktu permainan sekitar 30 s.d.45 menit dan berlangsung cukup seru, karena pemain bersaing satu sama lain untuk memperkaya diri.

Ada 2 cara yaitu bersama-sama mengalahkan para penjaga istana atau “mengemis” dengan cara mengirimkan monster terlemah agar digantikan oleh monster pemain lain dengan membayar kompensasi. Jika tidak maka misi penyerangan terhadap penjaga istana gagal akibat power dari monster tidak mencukupi untuk melawan penjaga.

Serunya para pemain tidak mengetahui secara pasti berapa besar power penjaga serta harta yang mereka lindungi. Kartu penjaga hanya memberikan informasi level kekuatan dari bintang 1 yaitu paling lemah s.d. bintang 3 yang paling kuat dan berbanding lurus dengan jumlah harta yang mereka lindungi.

Untuk mengalahkan 1 penjaga dibutuhkan 2 monster, dimana monster ini bisa dimiliki 1 pemain yang sama atau dari 2 orang pemain. Penjaga harta juga berlapis bergantung jumlah pemain dan monster yang diturunkan bergantung dari shuflle kartu monster dari deck setiap pemain. Jika penjaga pada garis terdepan gagal dikalahkan maka otomatis misi setiap pemain gagal dan berlaku pada penjaga pada lini berikutnya. Sehingga dibutuhkan strategi cerdik dari setiap pemain, maka jangan kaget jika ada pengemis dan penghianat atau lebih tepatnya sabotase saat penyerangan istana.

Setelah misi pengiriman monster selesai maka dilanjutkan dengan membuka kartu penjaga sehingga terlihat power serta jumlah harta yang dijaga. Total power monster dijumlahkan dan jika sama atau lebih maka pemilik monster mendapatkan harta dan jika gagal maka misi berakhir.

Setelah membuka kartu penjaga, setiap pemain harus membayar biaya menyembuhkan setiap monster yang dikirim. Di sinilah dapat diketahui setiap misi apakah menguntungkan atau tidak. Harta yang diperoleh apakah lebih besar atau bahkan kurang dari biaya monster yang telah dikeluarkan.

board games adhicipta mighty monsters belajar angka matematika

Akhir Permainan

Setelah 5 s.d. 6 ronde (tergantung jumlah pemain) maka permainan berakhir dan dihitung berapa banyak harta yang berhasil dikumpulkan setiap pemain. Pemain dengan jumlah harta terbanyak akan jadi pemenang.

Kesimpulan:

Permainan Penghianat & Pengemis di Board Game Mighty Monsters cukup seru untuk dimainkan bersama pemula, usia pemain mulai 8 tahun ke atas, dan suka dengan dunia fantasi rpg. Ilustrasi setiap ras monster cukup bagus dimana ada 6 jenis ras monster dan terdiri dari 5 level monster. Replaybility cukup tinggi, bisa 2 s.d. 3 kali bermain. Review selengkapnya bisa dibaca di https://boardgamegeek.com/boardgame/180785/mighty-monsters

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com