• deviantart
  • facebook
  • google
  • linkedin
  • pinterest
  • soundcloud
  • twitter
Prinsip Desain pada Board Games bagian 1

Prinsip Desain pada Board Games bagian 1

Prinsip Desain pada Board Games bagian 1 adalah hal yang sangat penting, karena konsumen pertama kali tertarik pada visual, baru setelah itu pada mekanik dalam board game.

Hal ini didukung dengan data penjualan board game Waroong Wars, di mana 60 s.d. 70% penjualan terjadi di toko offline seperti Gramedia. Artinya bahwa banyak orang awam yang membeli Waroong Wars berdasarkan visual yang mereka lihat di rak atau meja toko.

Artikel ini saya buat saat diundang sebagai dosen tamu di DKV ITS Surabaya pada hari Kamis, 20 Oktober 2016.  Artikel ini saya susun dalam semangat berbagi meski ilmu masih sangat minim serta tanpa latar belakang pendidikan yg sesuai dan berdasarkan pengalaman tim Waroong Wars.

Prinsip desain dalam board game ini juga memperhatikan bagaimana perilaku konsumen dan bagaimana perilaku pihak toko dalam memajang board game baik secara online maupun secara offline.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana para penjual memajang board game secara online:

Prinsip Desain pada Board Games

display pada Indo board game Marketplace

Berbeda pula dengan cara display di setiap online store seperti buka lapak dan tokopedia di desktop atau smartphone. Pada buka lapak kita dapat melihat lebih banyak display dibandingkan tokopedia. Selain itu di toko online display pada umumnya menggunakan ukuran bujur sangkar / square.

Desainer grafis harus memperhatikan safety area dalam merancang box board game dengan ukuran persegi panjang. Tujuannya adalah saat di pajang di online store tidak terpotong judul atau gambarnya.

Selain box board game harus online store friendly, desainer harus memperhatikan bagaimana juga offline store friendly. Maka dari itu desainer harus memperhatikan cara kerja pihak toko (misal Gramedia) memajang board game di rak mereka.

Ada 2 cara pihak toko meletakkan board game, yang pertama adalah dengan menumpuknya di atas meja khusus dan yang kedua adalah meletakkan di rak.

  • Saat board game diletakkan di atas meja maka yang tampak di mata konsumen adalah sisi samping dari board game, bukan bagian muka box board game.
  • Saat board game diletakkan di rak maka yang tampak di mata konsumen adalah sisi depan board game.

Tantangan dari para desainer grafis adalah bagaimana menarik perhatian konsumen pada board game kita baik saat di susun di atas meja maupun diletakkan di rak.

Kesimpulan

Sebenarnya hal yang terpenting saat saya merancang desain board game Waroong Wars adalah selalu menggunakan sudut pandang konsumen. Saya selalu membayangkan jika saya berada di toko buku atau online store, maka apa yang membuat saya mengambil keputusan membeli board game berdasarkan visualisasi yang ada.

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas perilaku konsumen dan bagaimana keputusan membeli board game dari aspek visual.

Founder & CEO PT Mekanima Inspira Nagara: http://AnimotionAcademy.com http://Mechanimotion.com Contact me: adhi@mechanimotion.com

Leave a reply

Hide me
Dapatkan UPDATE Seputar Industri Kreatif!
Enter your email address:
Show me
Build an optin email list in WordPress [Free Software]