Proses Pembuatan Game Waroong Wars juara 1 Board Game Challenge 2015

Pada hari Selasa, 30 Juni 2015 bertempat di Gerdhu – Gedung Creative Digital Hub Surabaya, saya berkesempatan untuk berbagi proses produksi digital kreatif untuk game.

Meskipun tema yang diberikan ke saya adalah produksi game digital kreatif, tapi saya jelaskan tentang konsep game experience. Berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam mengembangkan produk kreatif digital seperti game dari tahun 2012, saya terjebak pada proses produksi saja. Padahal game experience adalah hal yang paling penting dalam menghasilkan sebuah game yang baik.

Saya sangat beruntung pada bulan Maret 2015 mengikuti workshop Board Game Challenge yang diadakan oleh Harian Kompas dan Kummara. Board Game Challenge adalah sebuah kompetisi membuat board game di tingkat nasional dimana para pemenang dan finalis akan berkesempatan untuk  dicetak dan publikasikan oleh Kompas.

Sharing saya ke rekan-rekan Gerdhu lebih banyak berbagi tentang pengalaman dibalik proses pembuatan board game Waroong Wars yang menekankan pada Brand Experience.

Dalam pembuatan board game Waroong Wars terdiri dari dari 4 orang yaitu saya, Wikan Prabowo, David Santoso, dan Aditya Setiawan. Tim yang baru terbentuk dan saling mengenal saat mengikuti workshop board game challenge di Universitas Widya Mandala, Surabaya.

board game waroong wars pembuatan game development alur produksi adhicipta

Secara umum proses produksi Waroong Wars terdiri dari:

  1. Riset
  2. Prototyping
  3. Playtest (internal)
  4. Evaluasi
  5. Playtest (internal)
  6. Produksi
  7. Playtest (eksternal)
  8. Rilis

Proses di atas berlangsung kurang lebih selama 3 bulan, waktu yang relatif cukup singkat dalam pengembangan board game. Namun menurut saya dan tim, tahap playtest merupakan tahap validasi pasar yang fokus pada evaluasi experience atau pengalaman dari para pemain.

Dari pengalaman saya saat membuat board game Waroong Wars dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu:

  1. Play test adalah kunci sukses dari sebuah keberhasilan game
  2. Feedback tester saat play test bisa dilakukan secara tertulis dalam bentuk kuisioner dan dalam bentuk visual seperti ekspresi wajah dan bahasa tubuh.
  3. Keterlibatan game designer dalam proses play test sangat penting dalam evaluasi serta perbaikan prototype dan hal ini adalah proses yang sasngat menyenangkan.

Materi slide presentasi Proses Pembuatan Game Waroong Wars dapat dilihat di Slide Share yaitu:

Bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti Developer Logs dari Waroong Wars bisa ikuti tautan berikut ini >>> Board Game Challenge Waroong Wars
Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com