Seminar Nasional 3D Design & Modeling

Seminar Nasional 3D Design & Modeling diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMASTER) || Jurusan Informatika, FMIPA UNS

Minggu, 16 November 2014 bertempat di Aula LPPM Universitas Sebelas Maret, Surakarta saya berkesempatan untuk menjadi narasumber seminar nasional 3D design & modeling. Fokus materi saya adalah pada aspek Peluang Bisnis berbasis Teknologi 3D di industri kreatif game dan animasi.

Materi seminar saya bagi menjadi 4 bagian yaitu:

  1. Teknologi 3D Saat Ini & Masa Depan di Industri Animasi & Game
  2. Peluang Bisnis Industri Kreatif Berbasis Teknologi 3D
  3. Keahlian 3D yang dibutuhkan oleh Pelajar/Mahasiswa
  4. Diskusi & Tanya Jawab

Pada bagian pertama saya lebih banyak membahas sejarah 3D computer graphic (CG) yang dimulai dari desain 3D yang dilakukan oleh insinyur di Boeing, dan peran besar Steve Jobs dan Ed Catmull dalam kemajuan industri 3D CG. Selain itu dibahas pula kemajuan dan potensi 3D di masa depan.

Bagian kedua lebih menggambarkan Success Story dari industri game dan animasi berbasis 3D dan bagaimana peluangnya di Indonesia. Dimana Indonesia merupakan pasar yang sangat besar untuk kedua industri tersebut.

Bagian ketiga, lebih membahas apa yang harus dipelajari oleh para pelajar dan mahasiswa agar siap menekuni industri game dan animasi khususnya 3D. Pentingnya memiliki target profesi atau bisnis yang ingin ditekuni, sehingga proses belajar dipacu oleh keinginan untuk mencapai target. Bukan sekadar memperoleh Ijazah.

Pada bagian akhir, beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta seminar adalah:

  1. Bagaimana membuat karakter game/animasi yang ikonik?
    • Jawab: Tentukan target audiens dan buat beberapa versi siluet yang berciri khas.
  2. Bagaimana bersaing dengan pengembang game AAA seperti Electronic Arts?
    • Jawab: Jangan pernah membuat produk yang ide dan konsep sama dengan AAA developer. Berinovasilah sekreatif mungkin dalam merancang game sesuai kapasitas SDM dan Finansial.
  3. Bagaimana membuat mobile game yang menarik perhatian?
    • Jawab: Buatlah game yang salah satunya memikat secara visual (eye candy). Lakukan promosi secara kreatif di media sosial dll.
  4. Bagaimana mewujudkan ide dan konsep kreatif?
    • Tuliskan! ide dan konsep kreatif lalu visualisasikan lewat coretan. Kombinasikan 2-3 kata yang tidak berhubunganm misal: hewan + makanan + warna => Kodok Pecel Ungu. Lalu coba visualisasikan.

Jika tertarik dengan materi presentasi Seminar Nasional 3D Design & Modeling bisa mendownload atau membaca secara online pada link berikut ini:
[slideshare id=41615939&doc=3ddesignmodeling-adhiciptarwirawan-mechanimotion-141116081134-conversion-gate01]

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com