Serial Animasi Promosi Musik? Mungkin bukan hal baru di Jepang, tetapi di Indonesia masih jarang yang melakukannya.

Salah satu sensei di kelas saya adalah Shunji INOUE san, beliau adalah president and representative director, LANTIS., Ltd. LANTIS adalah group dari Bandai Namco. Selain sebagai pimpinan LANTIS, INOUE san adalah seorang keyboardist. Ia bersama Hironobu Kageyama membawakan ANISON atau anime song, lagu untuk animasi Jepang. Salah satunya adalah lagu opening Saint Seiya.

LANTIS

Yang menarik dari LANTIS adalah menggunakan serial animasi sebagai sarana promosi lagu hingga drama audio. Promosi ini mensupport penjualan tiket LIVE CONCERT penyanyi, group, dan band di bawah label LANTIS.


LANTIS pada tahun 2012 menduduki peringkat pertama perusahaan yang memiliki keuntungan dari penjualan Anisong di Jepang, yaitu 4,800 juta yen atau sekitar Rp 52,8 milyar. Keuntungan ini berasal dari penjualan lagu lewat konser, DVD, Mobile, Internet, album, dan single, hanya dari Jepang. Proporsi keuntungan terbesar berasal dari konser dan album (CD). Dan setiap tahunnya penjualan lagu atau tiket di konser terus mengalami kenaikan.

Kuroko No Basuke

Beberapa ANISON yang menjadi hits dari LANTIS adalah The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Lucky Star, Love Live!, Kuroko No Basuke, Aikatsu, dan FREE!

SD (Super Deformed) Kuroko No Basuke

Yang menarik dari varian produk lagu anisong adalah dari anime “Kuroko No Basuke”. Produk lagu yang dijual adalah Theme Songs, Soundtracks, Character Songs, dan Drama CDs. Konsumen dari pembeli lagu ini adalah para wanita usia 20 tahunan. Serial anime ini sendiri konsepnya adalah Boys Love atau “kasih sayang” diantara para pria pemain basket ^_^ Pihak LANTIS telah melakukan riset pasar terhadap cerita drama kegemaran wanita 20 tahun. Sehingga lahirlah “Kuroko No Basuke”

Serial Animasi Promosi Musik

OST Kuroko No Basuke

Lalu apakah Serial Animasi Promosi Musik ini dapat dijalankan di Indonesia? Saran saya lakukan riset pasar untuk segmen yang dituju dan apakah animasi bisa menjadi sarana promosi yang tepat. Dan yang pasti sudah siapkah merchandising dari produk Anda?

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com