• deviantart
  • facebook
  • google
  • linkedin
  • pinterest
  • soundcloud
  • twitter
Strategi Pemasaran Board Game via Sosmed (Bagian 1)

Strategi Pemasaran Board Game via Sosmed (Bagian 1)

Strategi Pemasaran Board Game via Sosmed (Bagian 1) untuk meningkatkan penjualan.

Sering kali para desainer board game merasa tugas mereka selesai saat seluruh file produksi board game masuk ke percetakan. Padahal ada tanggung jawab besar setelah itu yaitu memastikan board game dibeli oleh konsumen. Apalagi jika Anda adalah indie board game desainer yang harus handle hampir keseleruhan tahap value chain mulai hulu ke hilir.

Artikel ini saya tulis untuk memberikan sharing pengalaman dan wawasan saya sebagai salah satu tim desainer board game Waroong Wars yang sudah dipublikasikan oleh Penerbit Kompas Gramedia pada Oktober 2015 lalu dan pada Agustus 2016 sudah terjual lebih dari 2500++ dengan harga jual Rp 175.000.

Proses pemasaran board game Waroong Wars terbagi menjadi 2 fase yaitu Pre Release dan After Release. Apa saja yang kami lakukan di tiap fase tersebut adalah sebagai berikut:

PRE RELEASE (Juni 2015 s.d. Oktober 2015)

  • Pada tahap pre release tugas desainer adalah membangun AWARENESS kepada calon konsumen. Cara membangun awareness untuk produk Waroong Wars adalah dengan melakukan promosi offline dan promosi online. Tahap ini sangat krusial sebelum calon konsumen masuk ke tahap CONSIDERATION yaitu tahapan calon konsumen memilih dan memilah produk sebelum masuk ke tahap PURCHASE.
  • Promosi online kami lakukan dengan membuat facebook fan page dimana informasi di fan page sebisa mungkin kami buat cukup detil informasinya. Segala hal terkait aturan permainan hingga komponen kami perkenalkan sejak awal. Ini merupakan bagian dari proses membangun awareness.
  • Selain menggunakan fan page kami juga membuat channel youtube Waroong Wars. Hal ini sangat penting karena informasi pencarian produk oleh konsumen dilakukan dengan “googling”. Di mana video youtube lebih cepat terindeks di google. Bagi desainer harus mempelajari sedikit teori SEO (Search Engine Optimization) mulai dari penentuan judul, deskripsi, kata kunci, hingga thumbnail video) agar video kita selalu muncul di setiap kata kunci yang menjadi target konsumen dan tentunya di-play oleh mereka. Ada beberapa trik SEO youtube yang bisa Anda baca di sini.

Strategi Pemasaran Board Game via Sosmed (Bagian 1)

  • Promosi offline kami lakukan dengan melakukan kegiatan play day di kampus, komunitas, dll. Dimana kami selalu menginformasikan ke para calon konsumen untuk mengunjungi fan page kami di facebook serta youtube dan melakukan subscription pada news letter kami. Kegiatan offline ini sama penting dan sangat efektif dalam membangun hubungan yang erat antara desainer dengan calon konsumen di tahap Consideration.

Beberapa hal penting dalam membuat konten “AWARENESS” produk melalui sosmed (sosial media) adalah sebagai berikut:

  • Pahami siapa sebenarnya target konsumen dari board game Anda? keluarga, pelajar, mahasiswa? Casual gamer (party game, family game, etc) atau Heavy Gamer (eurogame, strategy, etc.)
  • Ciptakan interaksi dengan status berupa kalimat tanya? bisa dalam bentuk kuis atau lainnya? misalkan pilih ikon jempol untuk rujak cingur dan ikon hati untuk sate klopo.

  • Hasil interaksi mulai dari like, komentar, dan share akan berdampak pada efek viral dari status yang dibuat.
  • Selalu lakukan respon dengan cepat dan gunakan kalimat yg santun untuk menjawab setiap komentar.

Kesimpulan

Sejak bulan Juni hingga Oktober 2015, kerja keras kami membangun AWARENESS terbayarkan saat laporan penjualan dari pihak Kompas masuk ke kami :) Pada artikel selanjutnya saya akan coba membahas promosi sosmed di tahap Consideration dan Purchase. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini silahkan langsung tanya di bagian komentar di bawah.

 

Founder & CEO PT Mekanima Inspira Nagara: http://AnimotionAcademy.com http://Mechanimotion.com Contact me: adhi@mechanimotion.com

Leave a reply

Hide me
Dapatkan UPDATE Seputar Industri Kreatif!
Enter your email address:
Show me
Build an optin email list in WordPress [Free Software]