Sukses Posting di Social Media itu seperti apa sih? Apakah Anda sering posting di social media seperti Facebook, Twitter, Kaskus dll. tapi tidak dihiraukan?

Sejak tahun 2009 saya mencoba mengamati bagaimana posting yang disukai oleh netizen dan mengapa posting kita suka diabaikan oleh orang lain.

Dari pengamatan saya, 2 hal utama penyebab posting kita di social media tidak berhasil karena:

  1. Posting yang tidak memberi “nilai” bagi pengguna social media. Pernakah Anda membaca di wall FB atau disebuah group FB muncul posting: “… Tolong bantu masalah ane gan!”;  ” …. tolong vote yach bro n sis? ” atau “… ayo beli murah meriah…” dan berbagai jenis posting yang serupa? Lalu perhatikan apa yang terjadi? Seringkali posting seperti ini akan diabaikan.
  2. Tidak pernah “bersosialisasi” tiba-tiba bikin posting memohon bantuan. Masih terkait dengan poin pertama, pahami social media, disini adalah tempat bersosialisasi. Jika Anda tiba-tiba buat posting “memohon-mohon” tanpa bersosialisasi terlebih dahulu, maka Anda sama halnya melakukan “spaming” seperti orang kirim brosur ke rumah kita. Sekali lagi ini adalah media sosial, maka bersosialisasilah.

Sukses Posting di Social Media

Lalu bagaimana posting di social media kita sukses?

  1. Bersosialisasilah! hidup di dunia digital dan dunia nyata tidak jauh berbeda. Bertegur sapalah di dalam social media. Lakukanlah interaksi di social media, mulai dari merespon setiap posting, memberikan komentar secara positif, hingga me-share dan me-retweet sebuah posting. Hal ini akan berdampak pada penerimaan grup kepada Anda.
  2. Kenali Tokoh Informal. Dalam tatanan masyarakat internet tetap ada “tokoh informal” yang dihormati di dalamnya. Masyarakat kita dan asia pada umumnya masih menganut paham senioritas. Hormati para administrator atau moderator. Namun lakukan dengan santun dan tidak SKSD atau Sok Kenal dan Sok Dekat.
  3. Berkontribusilah Terlebih Dahulu. Sering kali di social media, kita melihat para “pengemis” yang hanya meminta-minta tanpa memberikan kontribusi. Dapat dipastikan posting mereka tidak akan direspon bahkan akan di-bully ramai-ramai oleh pengguna social media. Maka buatlah posting yang bermanfaat bagi group atau komunitas di dalamnya.
  4. Buat Posting yang Bermanfaat. Seperti apa posting yang bermanfaat? Posting yang bermanfaat tentunya setelah kita paham kebutuhan dari komunitas atau grup tersebut. Jangan posting resep masakan di grup penggemar IT atau sebaliknya.

Selamat Mencoba!

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com