• deviantart
  • facebook
  • google
  • linkedin
  • pinterest
  • soundcloud
  • twitter
Tip Cara Membuat Boardgame

Tip Cara Membuat Boardgame

Tip Cara Membuat Boardgame ini ditujukan untuk para pemula berdasarkan pengalam saya bersama tim Waroong Wars juara 1 Board Game Challenge (BGC) 2015.

Beberapa kali saya ditanya Tip Cara Membuat Boardgame (BG) yang baik. Jujur saja pada saat mengikuti kompetisi Board Game Challenge 2015 yang diadakan oleh Koran Kompas dan Kummara, saya tidak memiliki pengalaman membuat boardgame. Pengalaman saya hanya merancang game digital, seperti Orbiz, Djamal, Mahabharat Warriors, Garuda Riders, dll. Di mana 2 game ini memiliki karakter yang berbeda.

Tip Cara Membuat Boardgame

Namun dalam perjalanan waktu, saya bisa menyimpulkan beberapa hal penting yang bermanfaat bagi para calon desainer board game menjadi Tip Cara Membuat Boardgame:

  1. Awali dengan Tema. Tema bagi saya memberikan batasan-batasan atau ruang lingkup dalam mengembangkan ide. Meskipun beberapa boardgame dimulai dari ide pembuatan mekanik. Namun buat saya hal ini sangat susah dalam memberikan cita rasa atau flavour pada boardgame yang dibuat. Waroong Wars dirancang dari Tema yang ditentukan oleh panitia lomba BGC yaitu “Spirit of Surabaya”. Dari situlah kita dipacu untuk mengangkat tema yang sesuai, yaitu Persaingan Pemilik Warung Masakan Tradisional Surabaya.
  2. Riset Tema. Setelah menentukan tema lakukan riset baik dalam bentuk observasi atau studi pustaka dari tema yang dipilih. Hal ini akan menentukan cara bermain yang akan dimasukkan sebagai mekanik BG. Dalam Waroong Wars, kami membanyangkan para pemilik waroong melakukan proses belanja bahan masakan, membuat masakan khas Surabaya, dan mendapatkan konsumen. Agar “flavour” sesuai maka kami harus memasukkan bahan utama yang khas Surabaya, yaitu Petis. Serta masakan-masakan tradisional Surabaya lainnya.
  3. Pikirkan Mekanik BG yang sesuai Tema. Ok setelah kita sudah melakukan riset tema maka kita sudah bisa menentukan aksi atau action yang ada dalam BG. Konsep Waroong Wars adalah Belanja, Masak, dan Raih Pelanggan. Maka mekanik yang tepat untuk menjadi aksi dalam game ini adalah card drafting dan memory sebagai representasi kegiatan belanja serta Hand Management sebagai representasi aktivitas memasak. Penentuan mekanik ini tidak tiba-tiba muncul. Pemilihan mekanik BG yang tepat akan dapat Anda ketahui dengan sering berbagai jenis BG. Jika Anda hanya bermain ular tangga, catur, monopoli, halma, dan traditional BG lainnya maka BG yang akan Anda buat hanya seputar itu saja mekaniknya. Mulailah bermain Catan, Ticket to Ride, Magic The Gathering, Yugioh, Heroclix, Risk, Carcasone, dan ratusan BG lainnya.
  4. Tentukan Target Utama Pembeli BG Anda. Sejak awal membuat Waroong Wars, kami semua sudah berpikir bahwa BG di Indonesia belum banyak diketahui masyarakat luas. Maka dari itu kami harus membatasi tingkat kesulitan game, bukan ke Hardcore BG Gamer tetapi ke Casual BG Gamer atau Family Game. Bagi kami hardcore BG baru bisa diproduksi sekitar 4 tahun lagi. Maka dari itu saat ini tim Waroong Wars lebih fokus merancang game yang lebih ke family game atau party game. Di mana game ini dimainkan kurang dari 45 menit dan bisa dimainkan lebih dari 2 orang.
  5. Pikirkan Biaya Produksi BG Anda. Kreativitas dalam membuat BG memang tidak boleh dibatasi. Tapi Anda harus realistis dalam menghitung biaya produksi dan daya beli konsumen yang akan membeli BG anda. Tingkat kerumitan mekanik game akan berbanding lurus dengan jumlah komponen game, kapasitas packaging, dll. Dan ini semua berdampak ke biaya produksi. Sejak awal membuat Waroong Wars, saya dalam tim yang paling “cerewet” mengingatkan tim tentang biaya produksi. Dan beberapa kali saya sampaikan saat diskusi seluruh tim BGC, namun rupanya tidak banyak yang menggubris… hahaha…. mungkin saya satu-satunya desainer yang punya latar belakang akuntansi.
  6. Jangan Terjebak pada Visual saat membuat Prototype Awal. Berdasarkan pengalaman saya, pisahkan play test atau uji coba prototype BG untuk menguji mekanik game dengan menguji visual atau desain prototype. Jika sejak awal Anda sudah terjebak pada visual, sekeren apapun ilustrasi atau desain BG anda, TIDAK AKAN pernah mampu memperbaiki mekanik yang buruk.
  7. Lakukan Playtest secara Efektif. Banyak artikel yang menyebutkan ujilah prototype anda ke semua orang. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tapi ingat, ada dateline. Hal ini terkait point nomor 3, ujilah prototype BG pada sample dari populasi target konsumen Anda. Untuk prototype awal biasanya kami meminta masukan dari sesama BG desainer. Lalu lakukan perbaikan dan ketika mekaniknya sudah cukup solid, mulai di uji cobakan ke sample responden. Feedback bagus atau tidaknya BG anda tidak hanya dari yang diucapkan tetapi perhatikan body language. Jika pemain saat uji coba lebih sibuk melihat jam tangan atau bermain smartphone, berarti BG anda rendah dari sisi engagement.

Demikian sekilas 7 Tip Cara Membuat Boardgame, saya berencana membahas artikel tentang strategi pemasaran BG dan visual BG yang baik. Jika ada masukan silahkan sampaikan di bagian komentar atau kontak via email adhi@mechanimotion.com  

Founder & CEO PT Mekanima Inspira Nagara: http://AnimotionAcademy.com http://Mechanimotion.com Contact me: adhi@mechanimotion.com

Leave a reply

Hide me
Dapatkan UPDATE Seputar Industri Kreatif!
Enter your email address:
Show me
Build an optin email list in WordPress [Free Software]