Tutorial Bikin Karikatur Joker ini saya buat dengan menggunakan tablet wacom dan software mypaint.

Sudah cukup lama saya tidak membuat gambar karikatur, kali ini saya menggunakan Free Open Source Software (FOSS) MyPaint yang bisa di download secara gratis di: http://mypaint.intilinux.com/?page_id=6

Kali ini pembuatan karikatur Joker saya buat secara digital, namun jika Anda ingin menggunakan alat gambar seperti pensil, spidol, dan cat air, silahkan saja.

Dalam membuat karikatur intinya ada 3 tahapan utama, yaitu:

Tahap 1: Sketsa Dasar

Merupakan draft awal yang saya buat dengan menggunakan brush jenis pencil. pada tahap ini jangan ragu untuk mencorat-coret bentuk karakter karikatur yang ingin dibuat. Beberapa tip dalam membuat draft karikatur adalah:

  • Mencari ciri khas dari orang atau karakter yang akan dibuat.
  • Ciri khas yang ada lalu dibuat ukurannya lebih besar.

Tahap 2: Membuat Garis Line Art

Pada tahap ini saya membuat layer baru di atas layer sketsa. Untuk line art, saya menggunakan brush jenis ink. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membuat line art, yaitu:

  • Membuat garis dari bagian mata lalu ke bagian luar seperti kepala dan rambut. Alasan memulai dari mata karena ini adalah bagian dari Point of Interest (POI) dari gambar karikatur.
  • Buat garis lebih tebal untuk bagian luar. Bagian luar kepala atau tubuh dibuat lebih tebal untuk memisahkan dengan tegas dengan warna background.
  • Buat garis detil dengan ukuran brush lebih kecil. Agar karakter karikatur kita terasa detil maka bagian garis dahi, mata, dll. bisa di detilkan dengan brush kecil ini.

Tahap 3: Mewarnai Karakter

Saat mewarnai karakter gunakan brush jenis fill dan mulai dengan blocking warna dasar dari karakter. Setelah blocking warna sudah dilakukan, maka mulai beri warna bayangan dan detil warna lainnya. Selanjutnya gunakan brush jenis soft atau blur untuk mewarnai karakter. Beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Gunakan brush jenis blocking
  • Layer yang digunakan jenis multiply dan letakkan di atas layer line art
  • Perhatikan kombinasi dan komposisi warna yang tepat dengan menggunakan color wheel.
  • Saturasi warna jangan 100% agar tidak terlalu “norak” dan lebih terasa natural

Selamat Mencoba dan Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan ^_^

Share:
Written by Adhicipta R. Wirawan
Founder & CEO Mechanimotion. Contact me: kontak@adhicipta.com